MASIGNALPHA102
2204480044298715660

Mengupas Artikel yang Mengandung Tutorial, Opini Pribadi dan Ulasan dalam Blog Monstanima

Mengupas Artikel yang Mengandung Tutorial, Opini Pribadi dan Ulasan dalam Blog Monstanima
Thursday, April 4, 2019
Artikel atau sebuah karya tulis adalah kehidupan dan nyawa bagi sebuah blog. Didalam blog monstanima ini terdapat beberapa unsur artikel yang penulis persembahkan. Unsur yang terkandung dalam blog monstanima ini dimaksudkan untuk memberikan nuansa berbeda di tiap tulisan, juga menghindari kejenuhan pembaca dan penulis sendiri dalam membuat artikel. 

1. artikel yang mengandung tutorial 

Dalam membuat artikel penulis selalu berpatok kepada permasalahan sehari hari, juga permasalahan disekitar penulis. Contoh : Ketika penulis mengganti domain blogspot menjadi web. id. proses penggantian domain tersebut penulis rangkum kedalam tulisan hingga tahapannya. Ketika ada orang yang memiliki permasalahan yang sama dan mengakses monstanima blog, maka orang tersebut menganggap penulis memberikan tutorial. Padahal penulis sekedar membagi pengalaman saja, tapi bisa dianggap sebagai tutorial ketika bisa ditetapkan dan bermanfaat bagi orang lain.

2. Artikel berdasarkan Opini pribadi

Membuat artikel ini adalah favorit penulis, karena semuanya sudah ada dikepala, kita tinggal menuangkan nya saja. Penulis menulis opini berdasarkan permasalahan disekitar, segala sesuatu yang layak dibahas dan dialami beberapa orang di dunia blogging. Tetapi juga tidak sesederhana itu, penulis harus menuangkan keresahan dan memahami apa yang akan kita tulis. Butuh juga berbagai referensi data yang tepat sebagai acuan. 

3. Artikel sebagai Ulasan terutama film dan anime

Membuat artikel ini seperti sedang bercerita, benar-benar referensi dari pengalaman menonton, memegang dan menggunakan. Di monstanima ulasan lebih banyak mengenai film anime dan tokusatsu, kenapa itu? Karena dari situlah berawal monstanima. Mungkin kedepan monstanima bisa mengulas hal lain selain diatas. Oh iya, ada satu artikel (Mencoba Template Gratisan yang Halal Textrim V1) mungkin bisa dibilang ulasan. 

Karena blog ini sudah gado-gado ditambah es campur jadi sah saja artikel apapun bisa ada disini. Semoga bersanding indah menjadi harmoni yang merdu. Sudah seperti lagu saja.


Memahami Tutorial, Opini dan Ulasan

a. Menurut KBBI, tu·to·ri·al : pembimbingan kelas oleh seorang pengajar (tutor) untuk seorang mahasiswa atau sekelompok kecil mahasiswa. Bisa diartikan artikel tutorial berisi pengajaran yang bisa diterapkan orang lain, hingga memberikan nya manfaat. Artikel penulis yang mengandung tutorial pasti memiliki unsur cara memecah kasus dan tahapan pemecahannya. Artikel ini tidak selalu dari penulis, kadang berdasarkan referensi penulis lain juga dengan eksekusi yang berbeda. 

b. Menurut KBBI opini/opi·ni/ n pendapat; pikiran; pendirian; Bisa diartikan opini adalah hasil dari interprestasi penulis dalam mengolah berbagai informasi sesuai sudut pandang dan pemahaman penlulis. Opini sendiri bukanlah merupakan sebuah fakta, akan tetapi jika suatu saat mampu dibuktikan atau diverifikasi, maka opini akan berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta, sehingga bisa memberikan informasi.

c. Ulasan yang diambil dari istilah ulas kupasan; tafsiran; komentar. Membuat ulasan film kita harus pernah menonton dan berada didalam film tersebut. Sehingga kita bisa mengulitinya lebih dalam. Dan memberikan gambaran yang tepat bagi pembaca. 

Kesimpulan :
  • Menulis artikel tutorial menurut penulis sangat sulit dan berat. Ketika tulisan sudah jadi, kita masih harus membuat gambar ilustrasi yang tepat. Belum lagi artikel yang mengandung script atau coding. Tapi karena ide sudah di kepala, maka harus dituangkan juga. Dan artikel tutorial harus benar-benar bisa diterapkan dan berguna.
  • Menulis artikel berdasarkan opini pribadi menurut penulis lebih menyenangkan karena berdasarkan diri sendiri. Yang terberat itu mendapat ide atau menemukan ide yang tepat. Makanya penulis jarang sekali menghadirkan artikel ini. Walaupun opini artikel ini harus didukung data dan fakta.
  • Menulis ulasan anime dan film seperti memberikan hiburan tersendiri, bagi pembaca juga bagi penulis. Kadang artikel ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.

Itulah beberapa hal mengenai Mengupas Artikel yang Mengandung Tutorial, Opini Pribadi dan Ulasan dalam Blog Monstanima, yang dihadirkan penulis melalui monstanima blog. Bagaimana dengan artikel yang kalian buat? 

Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.

  1. Di beberapa postingan terkhir blog saya. Saya menulis "... mengulas tentang opini ...." ya asal nulis aja XD

    ReplyDelete
  2. Memang sangat sulit untuk membuat artikel tutorial bro. Harus memiliki alur yang jelas serta tulisan yang mudah dimengerti oleh pembaca.
    karena pembaca berasal dari berbagai kalangan yang belum tentu mengerti akan bahasan yang kita tuliskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget gan, kadang bikin tutorial itu bisa berhari hari...padahal cuman sekedar sharing aja.. .

      Delete
  3. @bang ical : ga perlu sih gan, terlalu banyak istilah, tapi intinya sama saja...

    ReplyDelete
  4. Saya mah juga punya banyak ide menulis tapi gak saya tuangkan dalam tulisan. Gak tahu sih bikin artikel tutorial. Emang sesusah itukah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kita harus paham gan...kayak ngajarin orang, kita sendiri harus mengerti. . he

      Delete
  5. Kalo tutorial Mungkin tanggung jawab terhadap tulisan kita juga lebih om, karena mengajari orang

    ReplyDelete
  6. Aku lbh suka nulis acak ehehe ntah apa yg ditulis kwkw. Asalkan nulis dan gak berbau SARA ajah kwkwk.. Salam kenal kak 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting menulis ya sis...👍

      Delete
    2. Hihi iya. Tapi tetap sambil belajar, supaya gak salah arah hehe

      Delete
  7. Cocoknya yang jadi penulis tentang tutorial, kudu yang memang ahli dibidangnya ...
    Kalau nggaaaa, wuaah .. pemasangan kode-kode css htmlnya bisa acak adut wwwkkk :D

    Ya ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan...haha
      tapi untuk sekedar berbagi apa yang kita tahu gpplah...

      Delete
  8. Memang menjadi penulis tentang totorial kudu pinter dan hali dalam apa yang ada di dalam bidang tulisan tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. betul gan...alur tulisan nya harus enak diikuti...

      Delete
  9. blog gado-gado seperti sodikin,com dan lintas12,com nggak tah masuk mana. prinsipnya cuma ingin memberi info bermanfaat bagi pembaca... he he jika ada yang baca sih!
    terima kasih kawan, sudah memberi pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kang...ini juga blog gado-gado...intinya memberikan informasi yang bermanfaat...

      Delete
  10. Blog ku juga masih gado gado sih. Tapi skrg udh lebih difokusin ke buku meski kadang masih bikin tulisan di luar buku wkwk
    ;

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp sis...blog kan wadah kita mencurahkan pikiran juga...

      Delete
  11. berarti web kotanopan saya termasuk yang campur aduk ya, semua ada disana kecuali curahan hati saya yang belum sempat saya tulis,, :D

    ReplyDelete
  12. Wah sy mah nulisnya gado" tp kl tutorial sy nyerah deh gk ahli... Kan hrs org yg betul" ngerti alias expert di bidangnya.. Kl ga paham bs ssh kl ada yg komplen... Walaupun itu misalnya cm tutorial make up mungkin bg perempuan ttp hrs faham. Itu sih pendpt sy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbagi pengalaman aja mbak, sambil berbagi solusi, saya juga ga ahli kok...tapi apa yang bisa saya sharing, ya sharing aja, siapa tahu bermanfaat...
      mungkin suatu saat monstanima juga bisa share tentang tutorial make up.. he

      Delete
  13. Terima kasih gan atas informasinya...

    ReplyDelete
  14. Benar tutorial berat, tapi....jadi mudah karena terbiasa...karena gak kesampaian jadi guru waktu dulu cita cita saya jadi guru dikampung saja cukup ngajar matimatika. Eh sekarang malah kecanduan koding

    ReplyDelete
    Replies
    1. koding itu memang menyenangkan gan kalau sudah tahu...dulu saya ngoding vb sama delphi, tapi sekarang sudah lupa...ngeblog aja sambil belajar web dikit dikit...

      Delete
  15. Kayaknya gak hanya menulis bro, bagi para youtuber membuat hal serupa juga sama sulitnya. Dan memang tema tutorial ini banyak menarik minat pembaca loh. istilahnya tidak akan habis dimakan waktu. Karena pasti ada terus yang nyariin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah pikiran saya ketika membuat blog, sesuatu yang bisa terus dibaca atau di manfaatkan...walaupun ga semua begitu...
      tapi diluar sana sudah terlalu banyak...tinggal menunggu ada yang nyasar disini aja...he

      Delete
  16. Blog saya masih blm jelas arahnya, yaaah secara blog personal gitu2lah, opini, tutorial, cerita, hobi dsb.
    Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah saya jadi kepikiran buat bikin blog, yang ngomongin hal hal bebas mbak, lebih ke pribadi aja...

      Delete
  17. nah blog saya malah campur2 om blm ada arahnya,,,terus ngatur jadwalnya susah juga buat artikel, sibuk didunia nyata om.....nyampling

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya sama gan... ini juga saya mulai sangat sibuk... jadi ga terlalu update artikel lagi...he

      Delete
  18. Sebenernya pingin juga bikin artikel tentang tutorial, tapi kayaknya kurang cocok ya sama niche saya gan. Ntar malah dikira gado-gado deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutorial menggambar anime bisa juga sis...he
      bikin artikel yang kita kuasai aja sis...

      Delete
  19. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 8 permainan seru :)

    ReplyDelete
  20. Kadang yang paling susah justru memulai untuk menulis itu sendiri. Tapi saat kalimat pertama jadi, maka dengan mudah diikuti oleh ratusan kalimat berikutnya. opini saya :)

    ReplyDelete