MASIGNALPHA102
2204480044298715660

Catatan Penulis Monstanima Sebagai Blogger Pemula

Catatan Penulis Monstanima Sebagai Blogger Pemula
Sunday, March 17, 2019
Sejak tahun 1999 kehadiran Blogger oleh Pyra Labs, lalu diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Blog sudah menjadi sarana publikasi Internet pertama didunia. Seperti pada artikel lalu (Keresahan Seorang Blogger Pemula), penulis sudah mempunyai blog sejak tahun 2008. Ajaibnya dengan mempunyai blog, penulis sudah bisa mengklaim diri sebagai Blogger walaupun jarang nulis. Seperti kata mas Sugeng, "Blogger tapi jarang nulis artikel". Tapi nama beliau sudah kadung harum di dunia Blogger Indonesia.

Sebagai pemula penulis sering memantau dunia perbloggeran, terutama dalam grup blogger facebook dan forum lainnya. Ada beberapa hal yang menjadi catatan oleh penulis, hal ini terlihat dari keresahan para blogger pemula dalam setiap postingannya, termasuk penulis sendiri.

Berikut adalah catatan penulis sebagai Blogger Pemula :

1. Menulis
Menulis adalah energi bagi blog, apa jadinya blog tanpa tulisan, seperti mangkok kosong tanpa makanan. Setelah membuat blog mau tidak mau kita harus menulis. Yang selalu menjadi pembahasan para newbie adalah apa yang akan ditulis. Penulis juga kadang merasakan demikian, namun penulis mempunyai sedikit tips sebagai sesama pemula. Yaitu adalah menulislah semua hal yang kita pikirkan. Dari pada melihat blog kita kosong mlompong, maka tulislah apapun yang ada dalam pikiran kita. Mungkin awalnya kurang terstruktur, tapi lama-lama kelamaan bakal bisa dibaca juga. Syukur enak dibaca.

2. Konten
Memilih konten dalam blog, seperti Niche yang bakal kita tampilkan diblog kita itu, seperti bingung enaknya makan apa hari ini. Awalnya monstanima sendiri pengen fokus mengulas anime dan film. Tapi seiring waktu penulis sering berkunjung ke teman Blogger lainnya dan mulai belajar. Dengan belajar akan banyak hal yang masuk kedalam pikiran kita. Akan juga semakin banyak hal yang ingin kita tuangkan ke dalam blog.

Walaupun akhirnya blog kita menjadi gado-gado, tak mengapa dari pada ga ada tulisan. Akhirnya kita akan belajar dan tahu kemana arah tulisan kita. Yang bingung Niche, ikuti arah angin berhembus saja dan ikuti kemana arus air membawa kita.

3. SEO (Search Engine Optimization)
Ini pembahasan yang paling berat bagi penulis, jujur penulis buta SEO. Tema ini juga sering jadi pembahasan menarik bagi kebanyakan blogger. Menurut penulis ini SEO itu seperti hantu, terasa tapi ga ada wujud nya, dicari tapi ga tau kemana. Tapi buat penulis cukup tau saja, karena akan habis waktu buat penulis mencari SEO. Cukup fokus menulis saja sambil belajar pelan-pelan. Buat kalian yang pengen fokus mendalami SEO silahkan main ke blogger-blogger master.

4. Adsense atau iklan
Ibarat warung makan, blogger menyajikan makanan, tapi blogger juga butuh makan. Disini penulis agak setuju, karena iklan juga memacu kita untuk kreatif dan menulis. Tapi tidak juga demikian, karena untuk sebagian orang menulis adalah kesenangan. Mengejar adsense mungkin adalah motivasi setiap blogger pemula, seperti saya juga. Namun ada yang lebih penting menurut penulis adalah menyampaikan bisa pikiran kita. Mungkin itu tujuan awal blog diciptakan.

Itulah beberapa catatan dan ulasan dari penulis yang berasal dari berbagai pengamatan di grup facebook maupun forum blogger lainnya. Yang berisi keresahan para blogger menurut sudut pandang penulis, sebagai blogger Pemula. Semoga bermanfaat, terimakasih.
Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.

  1. ingin tampil dihalaman utama google memang harus mengerti SEO, karena tanpa itu agak susah bersaing dengan blog" lain yang lebih dulu exis

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. beda dengan dahulu, blogger pemula dulu belum sampai memikirkan adsense.

      Delete
  3. Kita harus tetap semangat Gan. Menulis konten yg bermutu terus, terus, dan terus Gan. Untuk page one insyaallah kita akan raih Gan. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Yang utama dan pertama adalah passion menulis gan, tetap semangat membuat tulisan yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Saya mah gak peduli seo 😅 ribet ah mikirin gitu

    ReplyDelete
  6. SEO emang penting banget sih buat blog, karena tanpa adanya SEO mungkin artikel-artikel kita bakalan lama ke index....
    Yang penting buat artikel yang berkualitas mas. Insyallahh pelan-pelan page one google pasti tercapai....

    ReplyDelete
  7. Salam blogger pemula mas/mba yang nulis blog ini, saya juga sampai sekarang belum ngadsenin blog, karena masih berjuang untuk mengisi konten nya hehe...
    .
    .
    .
    monggo mampir ke blogku mas/mba di www.febrianammar.com, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, kayaknya saya juga mau fokus konten dulu aja...

      Delete
  8. Tulisanya menarik mas, saya juga lagi merombak tulisan saya agar lebih di pahami oleh pembaca. :-d
    Salam blogger pemula mass (y)

    ReplyDelete
  9. Kunjungan balik dari saya. Thanks sebelumnya sudah mampir di blog saya. Blog Anda juga luar biasa mas. Penuh inspirasi. Khususnya mengenai postingan ini. Saya jadi bertambah motivasi untuk ngeblog. Semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan, jarang sekali bisa menemukan tulisan yang segar dalam blog, terutama dari grup...
      terima kasih bisa saling menginspirasi.. .

      Delete