MASIGNALPHA102
2204480044298715660

Spider-Man (スパイダーマン Supaidāman)  atau Toei no Spider-Man ala Tokusatsu

Spider-Man (スパイダーマン Supaidāman)  atau Toei no Spider-Man ala Tokusatsu
Friday, February 8, 2019
Spiderman Bisa Manggil Robot Raksasa

Halo Sobat Monstanima , ada yang sudah nonton film Spider-Man: Into the Spider-Verse yang rilis 12 desember lalu. Seru banget pastinya, kali ini penulis bakal mengulas versi lain dari Spider-Man. Spider-Man (スパイダーマン Supaidāman)  atau Toei no Spider-Man adalah serial tokusatsu klasik yang dibuat oleh Marvel dan Toei. Serial yang terdiri dari 41 episode ini merupakan hasil produksi bersama Tokyo 12 Channel, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 17 Mei 1978 sampai dengan tanggal 14 Maret 1979. Serial ini adalah versi Jepang di Spider-Man. Dilansir oleh Wikipedia.



Dilansir Popcon.asia - Meskipun diadaptasi dari karakter Spider-Man karya Marvel, lengkap dengan desain karakter yang sama, namun cerita dan tema dari seri tokusatsu Jepang ini sangat jauh berbeda dari karya aslinya. Dalam serial tokusatsu biasanya sang karakter utama bisa berubah menjadi superhero dengan menggunakan sebuah perlengkapan khusus. Seperti halnya Kamen Rider, dalam serial ini sang karakter utama bisa berubah menjadi Spider-Man melalui sebuah perangkat khusus yang digunakan untuk henshin. Selain bisa henshin, Spider-Man di serial tokusatsu ini ternyata memiliki robot raksasa seperti para Power Rangers.


Serial tokusatsu ini bercerita mengenai seorang pembalap sepeda motor berusia 22 tahun yang bernama Takuya Yamashiro. Suatu hari Takuya melihat sebuah UFO melintas di langit dan jatuh ke bumi. UFO tersebut ternyata adalah sebuah kapal perang luar angkasa bernama Marveller yang datang dari planet Spider.

Kemudian ayah Takuya yang bernama Dr. Hiroshi Yamashiro, seorang ilmuwan arkeolog luar angkasa melakukan pergi ke tempat jatuhnya Marveller untuk menyelidiki kapal tersebut. Namun dalam penyelidikan tersebut, Dr. Hiroshi terbunuh oleh pasukan alien yang bernama Tetsu Juji Dan (Iron Cross Army).


Takuya pun mengikuti sang ayah yang pergi menyelidiki Marveller, di sana ia bertemu dengan Garia. Garia adalah orang terakhir yang berhasil menyelamatkan diri dari planet Spider. Garia memberi tahu bahwa jatuhnya Marveller ke bumi menarik perhatian pasukan Tetsu Juji Dan yang berencana menguasai alam semesta. Garia bermaksud untuk mencari pimpinan Tetsu Juji Dan, Professor Monster dan menghentikan rencananya untuk menguasai alam semesta.


Namun karena kecelakaan Marveller yang terjatuh ke bumi, Garia butuh seseorang yang bisa melanjutkan pertarungannya tersebut. Kemudian Garia menyuntikkan Takuya dengan darah alien dari Planet Spider yang memberinya kekuatan laba-laba. Garia pun memberikan sebuah gelang yang bisa membuat Takuya berubah menjadi Spider-Man, menembakkan jaring, serta mengendalikan kapal Marveller dan bisa mengubahnya menjadi robot raksasa bernama Leopardon. Dengan kekuatan pemberian Garia, Takuya pun memulai pertarungan melawan pasukan Tetsu Juji Dan untuk membalaskan dendam atas kematian ayahnya.




Seperti halnya Peter Parker, Takuya Yamashiro juga berusaha untuk merahasiakan identitas dirinya sebagai sosok asli di balik Spider-Man. Saat sedang tidak menjadi Spider-Man, Takuya berusaha menampilkan sosok sebagai orang biasa saja yang tidak terlalu kuat. Oleh karena itu terkadang ia sering sekali dijahili oleh teman-temannya. Orang yang mengetahui identitas sebenarnya dari Spider-Man hanyalah para pasukan khusus dari Interpol, termasuk Juzo Mamiya, salah seorang penyelidik Interpol.

Kekuatan yang dimiliki oleh Spider-Man versi Jepang ini masih memiliki beberapa kesamaan dengan versi Amerika meskipun ada beberapa perbedaan. Takuya memiliki kekuatan layaknya seekor laba-laba dan bahkan bisa mendeteksi adanya musuh melalui Spider Sense miliknya. Kemiripannya dengan laba-laba sungguhan juga ditunjukkan melalui kelemahan yang dimiliki oleh Spider-Man versi Jepang, yakni lemah terhadap udara dingin seperti laba-laba sungguhan.



Untuk berubah menjadi Spider-Man, Takuya menggunakan sebuah gelang khusus bernama Spider Bracelet yang bisa mengeluarkan kostum Spider Protector. Adegan henshin pun dilakukan tidak semewah adegan henshin di seri tokusatsu yang ada saat ini. Takuya berubah menjadi Spider-Man tanpa adanya efek CGI yang rumit, hanya cukup dengan kostum yang dilempar dari Spider Bracelet, Takuya kemudian berubah menjadi Spider-Man.
Selain itu, Spider-Man versi Jepang juga memiliki sebuah mobil terbang bernama Spider Machine GP7. Mobil terbang ini dilengkapi dengan senapan mesin dan pelontar misil. Spider Machine GP7 digunakan oleh Takuya saat memanggil robot Leopardon, karena GP7 ini merupakan kokpit tempat Spider-Man mengendalikan robot raksasa tersebut. 

Salah satu yang sangat mencolok dari seri tokusatsu Spider-Man ini adalah kemunculan robot raksasa bernama Leopardon. Robot ini sebenarnya adalah kapal perang Marveller yang bisa berubah menjadi robot Leopardon. Tinggi robot raksasa ini sekitar 60 meter dengan berat sekitar 25.000 ton.
Dalam episode-episode awal, Leopardon sering ditampilkan menjalani pertarungan sering melawan para musuh. Namun beberapa episode kemudian, Leopardon sering dimunculkan dengan sangat singkat. Jika pada awalnya Leopardon muncul kemudian bertarung sengit, di beberapa episode lainnya robot raksasa ini hanya ditampilkan muncul, berubah dari Marveller kemudian melempar Vigor Sword. 


Nah akankah sequel film Spider-Man: Into The Spider-Verse nantinya bakal memunculkan karakter Spider-Man Takuya Yamashiro. Kita tunggu ya.





Sumber referensi :
id.m.wikipedia.org/wiki/Spider-Man_(tokusatsu)
popcon.asia/lebih-dekat-mengenal-spider-man-versi-jepang-yang-memiliki-robot-raksasa/2725
Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.